Pengertian Menerima Dikte dan Mengambil Dikte

Apa arti menerima dikte dari pimpinan mengambil dikte dan melatinkan

Apa arti menerima dikte dari pimpinan mengambil dikte dan melatinkan

Pengertian Dikte adalah suatu wacana yang dibacakan keras agar ditulis orang lain, dengan kata lain pengertian menerima dikte dari pimpinan adalah menulis apa yang dibacakan atau dikatakan atau diucapkan oleh pimpinan.

Penggunaan dan penerapan dikte banyak digunakan dalam berbagai hal, diantaranya adalah menerima dikte dari pimpinan, juga digunakan dalam pembelajaran siswa di dalam pelatihan atau kursus siswa mengambil dikte dan melatinkan dari pengajar.

Menurut M. Braum dan Ramon, sekretaris adalah seorang pembantu dari seorang kepala atau pimpinan yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa, atau mengingatkan pimpinannya mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari pimpinannya mengenai kewajiban lainnya yang berhubungan untuk meningkatkan efektivitas pimpinannya.

Tugas seorang sekretaris tentunya sesuai dengan fungsi jabatan sekretaris tersebut. Bagi organisasi yang besar, tugas sekretaris juga lebih berat karena selain betugas dan bertanggung jawab terhadap pimpinannya, ia juga harus bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi tugas dan kegiatan bawahannya.

Secara umum tugas-tugas sekretaris meliputi hal-hal sebagai berikut :

1. Menerima dikte dari pimpinan.
2. Melaksanakan korespondensi (menerima dan mengirim surat-surat termasuk telepon, telegram, dan faksimile).
3. Menyimpan arsip-arsip yang dinilai penting.
4. Menerima tamu-tamu pimpinan.
5. Membuat jadwal pertemuan dan perjanjian-perjanjian pimpinan dengan teman relasi maupun kegiatan lainnya.
6. Menyiapkan bahan-bahan keterangan kepada pimpinan sesuai dengan kebutuhan pimpinan dalam rapat maupun kegiatan lainnya.
7. Bertindak sebagai perantara antara pimpinan dan bawahan.
8. Mengatur rapat-rapat dan seminar pimpinan dengan bawahan.
9. Menemani pimpinan dalam pertemuan penting.
10. Menyusun pidato-pidato untuk pimpinan.

 

Teknik Dikte Dalam Pembelajaran Siswa

Teknik Dikte merupakan teknik dalam pembelajaran yang bisa terbilang sifatnya komunikatif, maksud dari menerima dikte ini siswa dibacakan teks yang singkat oleh pengajar dengan kecepatan sedang, kemudian siswa ditugaskan untuk menulis kata yang telah dibacakan.

Manfaat Teknik Dikte yang didaptkan siswa

  • Latihan mendengarkan
  • Latihan menyimak
  • Latihan memahami
  • Latihan membuat interpretasi
  • Latihan memberikan penanggapan atas wacana yang didengarnya.

Menyalin / imitative writing dalam pembelajaran

Pada tingkatan permulaan menulis, siswa hanya akan menyalin huruf huruf, kata-kata, dan mungkin kalimat ketika mempelajari aturan-aturan kode ortografis. Beberapa bentuk dikte masuk dalam kategori ini, walaupun dikte juga dapat diajarkan pada proses menulis yang lebih tinggi. Dikte biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Pengajar membaca sebuah paragraf pendek satu atau dua kali dengan kecepatan normal.
  • Pengajar membaca paragraf frasa demi frasa dengan masing-masing tiga atau empat kata, dan tiap frasa diikuti dengan jeda.
  • Selama jeda, siswa menuliskan apa yang mereka dengar.
  • Pengajar  kemudian membaca seluruh paragraf sekali lagi dengan kecepatan normal sehingga mahasiswa dapat mengecek tulisan mereka.
  • Menyekor tulisan siswa dapat menggunakan sejumlah kriteria untuk memberikan poin. Biasanya kesalahan ejaan dan tanda baca tidak digolongkan pada kesalahan gramatikal.
Loading...

Pengertian Menerima Dikte dan Mengambil Dikte

Pengertian Menerima Dikte dan Mengambil Dikte

arti rechat, kurleb, arti kurleb, rechat adalah, arti kurbel, apa itu kurleb, Cara membuat es moni, arti kata rechat, bawahan layangan, kepanjangan kurbel, apa arti rechat, apa itu kurbel, arti kata kurbel, arti rechat wa, apa yang dimaksud rechat, arti rechat di wa, maksud dari menerima dikte, ap arti: ????kurleb, apa yang dimaksud penerima dikte, apa itu menerima dikte pimpinan