Cara Membuat Garam Secara Modern Industri dan Tradisional

Cara membuat garam secara modern industri dan tradisional

Cara membuat garam secara modern industri dan tradisional

Sebenarnya pembuatan dan proses cara membuat garam secara modern sama saja dengan pembuatan garam secara tradisional yaitu Diuapkan dan Dikristlakan, namun Bedanya adalah pada pembuatan secara modern menggunakan peralatan teknologi berupa evaporator dan kristaliser.

Terdapat bermacam-macam cara membuat garam secara modern industri maupun tradisional yang telah dikenal manusia, namun dalam artikel ini hanya akan diuraikan secara singkat cara pembuatan garam yang proses penguapannya menggunakan tenaga matahari (solar evaporation), karena mengingat cara ini dinilai masih tepat untuk diterapkan perkembangan teknologi dan ekonomi di Indonesia pada waktu sekarang.

Pada dasarnya pembuatan garam dari air laut terdiri dari langkah-langkah proses pemekatan (dengan menguapkan airnya) dan pemisahan garamnya (dengan kristalisasi).
Bila seluruh zat yang terkandung diendapkan/dikristalkan akan terdiri dari campuran bermacam-macam zat yang terkandung, tidak hanya Natrium Klorida yang terbentuk tetapi juga beberapa zat yang tidak diinginkan ikut terbawa (impurities). Proses kristalisasi yang demikian disebut “kristalisasi total”.

Bila terjadi kristalisasi komponen garam tersebut diatur pada tempat-tempat yang berlainan secara berturut-turut maka dapatlah diusahakan terpisahnya komponen garam yang relatif lebih murni. Proses kristalisasi demikian disebut kristalisasi bertingkat. Untuk mendapatkan hasil garam Natrium Klorida yang kemurniannya tinggi harus ditempuh cara kristalisasi bertingkat, yang menurut kelakuan air laut, tempat kristalisasi garam (disebut meja garam) harus mengkristalkan air pekat dari 25°Be sehingga menjadi 29°Be, sehingga pengotoran oleh gips dan garam-garam magnesium dalam garam yang dihasilkan dapat dihindari/dikurangi.

Tahapan Proses Pembuatan Garam

Pengeringan Lahan

  • Pengeringan lahan pemenihan dilaksanakan pada awal bulan April.
  • Pengeringan lahan kristalisasi.

Pengolahan Air Peminian/Waduk

  • Pemasukan air laut ke Peminian.
  • Pemasukan air laut ke lahan kristalisasi.
  • Pengaturan air di Peminian.
  • Pengeluaran Brine ke meja kristal dan setelah habis dikeringkan selama seminggu.
  • Pengeluaran Brine ke meja kristal dan setelah habis dikeringkan, untuk pengeluaran Brine selanjutnya dari peminian tertua melalui Brine Tank.
  • Pengembalian air tua ke waduk. Apabila air peminihan cukup untuk memenuhi meja kristal, selebihnya dipompa kembali ke waduk.

Pengolahan Air dan Tanah

  • Pekerjaan Kesap Guluk (K/G) dan Pengeringan :
  1. Pertama K/G dilakukan setelah air meja 4–6°Be.
  2. Kedua K/G dilakukan setelah air meja 18–22°Be dan meja di atasnya dilakukan K/G dengan perlakuan sama.
  • Lepas air tua dilakukan pada siang hari dengan konsentrasi air garam 24–25°Be dan ketebalan air 3–5 cm.

Proses Kristalisasi

  • Pemeliharaan meja begaram
  • Aflak (perataan permukaan dasar garam)

Proses Pungutan

  • Umur kristal garam 10 hari secara rutin
  • Pengaisan garam dilakukan hati-hati dengan ketebalan air meja cukup atau 3–5 cm.
  • Angkutan garam dari meja ke timbunan membentuk profil (ditiriskan), kemudian diangkut ke gudang atau siap untuk proses pencucian.

Proses Pencucian

  • Pencucian bertujuan untuk meningkatkan kandungan NaCl dan mengurangi unsur Mg, Ca, SO4 dan kotoran lainnya.
  • Air pencuci garam semakin bersih dari kotoran akan menghasilkan garam cucian lebih baik atau bersih.

Persyaratan air pencuci :

– Air garam (Brine) dengan kepekatan 20–24°Be

– Kandungan Mg ≤ 10 g/liter.

 

loading...

Cara Membuat Garam Secara Modern Industri dan Tradisional

Cara Membuat Garam Secara Modern Industri dan Tradisional

Komponen crossbow, proses pembuatan garam secara modern, macam skirting, alat pembuatan garam modern, Componen crossbiw, bentuk skirting, cara pengolahan garam secara modern, macam macam model skirting, macam macam table skirting, manfaat sereh buat lovebird, macam macam bentuk skirting, macam skirting dan cara pembuatannya, macam bentuk table skirting dan cara membuat nya, cara mengait alas meja, cara nyusun air, cara membuat skirting, Cara membuat Permen air kelapa, cara membuat hiasan di atas meja guru, bahan pembuat lampion yang tahan air, apa si air kurleb